A.
Teori algoritma
·
Suatu himpunan hingga Intruksi yang secara jelas memperinci
langkah-langkah proses pelaksanaan pemecahan suatu masalah.
·
Himpunan intruksi yang dimaksud harus dapat dilaksanakan secara mekanik
(dapat dibuat program komputernya).
·
Pembuatan dan perancangan algoritma serta penentuan struktur data yang
tepat adalah bagian yang sangat rawan.
·
Merupakan jantung ilmu komputer atau informatika Lebih jauh, terdapat
beberapa pengertian dalam masalah Algoritma :
1. PROSEDUR,
yaitu Himpunan hingga intruksi yang bersifat diskrit, jelas serta dapat
dijalankan secara mekanik.
2. SEMI
ALGORITMA, yaitu Prosedur yang mampu menghasilkan solusi, bila solusinya ada
dan berhenti.
3. ALGORITMA,
yaitu Semi Algoritma yang mampu mendeteksi tidak adanya solusi, bila solusi
memang tidak ada dan mampu pula berhenti.
Sifat – sifat algoritma
yang baik:
1. Banyak
langkah hingga.
2. Tidak
ada keragu-raguan dalam setiap langkahnya.
3. Batasan
dari rangkaian proses jelas.
4. Batasan
input dan output jelas.
5. Batasan
ruang lingkupnya jelas.
Belajar
memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman
Belajar
memprogram :
1. Belajar
tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah , Menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca, dipahami
dan disepakati bersama.
2. Bersifat
pemahaman persoalan, analisis dan sintesis
3. Titik
berat : designer program
Produk
yang dihasilkan pemrogram :
1. Program
dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis).
2. Dapat
dieksekusi oleh mesin.
3. Berfungsi
dengan benar.
4. Sanggup
melayani segala kemungkinan masukan.
5. Disertai
dokumentasi.
6. Belajar
Bahasa Pemrograman.
7. Belajar
memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tatacara untuk memanfaatkan
instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa.
8. Titik
berat : coder
Penyajian
Algoritma
·
Natural Language
·
Flowchart
·
Pseudo-code
·
Diagram blok struktur
program
·
Diagram warnier
·
Tabel keputusan dan
pohon keputusan
B. Pengenalan Qbasic
·
Program
Instruksi-instruksi yang diberikan
kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu
·
Bahasa Pemrograman
Bahasa yang digunakan untuk membuat
program
·
Klasifikasi bahasa
pemrograman :
Bahasa tingkat rendah (Low level
language) : bahasa yang berorientasi mesin.
1. Bahasa mesin (machine language)
2. Bahasa rakitan (assembly language)
Bahasa tingkat tinggi (High level
language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia. Contoh: BASIC, Pascal, COBOL
Qbasic
1. Salah
satu versi dari bahasa BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic
2. Instruction
Code)
3. Dibuat
oleh Microsoft Corporation
4. Merupakan
interpreter
5. Dikemas
di dalam DOS (mulai versi 5.0)
Menu pada Qbasic
1. File,
berisi operasi yg berhubungan dengan file.
2. Edit,
berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam.
3. View,
di antaranya untuk melihat jendela hasil program.
4. Search,
berguna untuk mencari dan mengganti teks.
5. Run,
untuk menjalankan/mengeksekusi program.
6. Debug,
untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan).
7. Options,
untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP
8. Help,
berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan Qbasic.
No comments:
Post a Comment