Monday, 5 May 2014

PENGENALAN ALGORITMA DAN QBASIC

A. Teori algoritma
·         Suatu himpunan hingga Intruksi yang secara jelas memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan pemecahan suatu masalah.
·         Himpunan intruksi yang dimaksud harus dapat dilaksanakan secara mekanik (dapat dibuat program komputernya).
·         Pembuatan dan perancangan algoritma serta penentuan struktur data yang tepat adalah bagian yang sangat rawan.
·         Merupakan jantung ilmu komputer atau informatika Lebih jauh, terdapat beberapa pengertian dalam masalah Algoritma :
           1.  PROSEDUR, yaitu Himpunan hingga intruksi yang bersifat diskrit, jelas serta dapat dijalankan secara            mekanik.
           2. SEMI ALGORITMA, yaitu Prosedur yang mampu menghasilkan solusi, bila solusinya ada dan                      berhenti.
           3. ALGORITMA, yaitu Semi Algoritma yang mampu mendeteksi tidak adanya solusi, bila solusi memang          tidak ada dan mampu pula berhenti.
Sifat – sifat algoritma yang baik:
1.      Banyak langkah hingga.
2.      Tidak ada keragu-raguan dalam setiap langkahnya.
3.      Batasan dari rangkaian proses jelas.
4.      Batasan input dan output jelas.
5.      Batasan ruang lingkupnya jelas.

Belajar memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman
Belajar memprogram :
1.      Belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah , Menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca, dipahami dan disepakati bersama.
2.      Bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis
3.      Titik berat : designer program

Produk yang dihasilkan pemrogram :
1.      Program dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis).
2.      Dapat dieksekusi oleh mesin.
3.      Berfungsi dengan benar.
4.      Sanggup melayani segala kemungkinan masukan.
5.      Disertai dokumentasi.
6.      Belajar Bahasa Pemrograman.
7.      Belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tatacara untuk memanfaatkan instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa.
8.      Titik berat : coder

Penyajian Algoritma
·         Natural Language
·         Flowchart
·         Pseudo-code
·         Diagram blok struktur program
·         Diagram warnier
·         Tabel keputusan dan pohon keputusan

  B. Pengenalan Qbasic
·         Program
Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu
·         Bahasa Pemrograman
Bahasa yang digunakan untuk membuat program
·         Klasifikasi bahasa pemrograman :
Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang berorientasi mesin.
1. Bahasa mesin (machine language)
2. Bahasa rakitan (assembly language)
Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia. Contoh: BASIC, Pascal, COBOL

Qbasic
1.      Salah satu versi dari bahasa BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic
2.      Instruction Code)
3.      Dibuat oleh Microsoft Corporation
4.      Merupakan interpreter
5.      Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)

Menu pada Qbasic
1.      File, berisi operasi yg berhubungan dengan file.
2.      Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam.
3.      View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program.
4.      Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks.
5.      Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program.
6.      Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan).
7.      Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP

8.      Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan Qbasic.

No comments:

Post a Comment