Tujuan dari proyek ini
adalah membuat suatu aplikasi ecommerce yang memiliki user interaksi tinggi
dengan penggunaan fitur-fitur e-commerce sesuai standart user experience.
Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan pengunjung
dalam berbelanja dan memanfaatkan fitur yang ada.
2. Perumusan Masalah
1 .
Bagaimana membuat suatu aplikasi
e-commerce yang mampu memberikan kemudahan dan kenyaman kepada para pembeli.
2 .
Bagaimana melayani para pembeli mulai
memilih handphone, membandingkan antar jenis handphone, memasukkan produk ke
dalam keranjang belanja, sampai pembeli melakukan checkout.
3 .
Bagaimana memberikan fitur penunjang
aplikasi e-commerce guna memberikan kenyamanan terhadap pembeli. Fitur tersebut
berupa compare produk, info produk, review produk, berita seputar jam tangan
3. Batasan Masalah
1 .
Sistem
pemilihan jasa antar (shiping order) belum bisa terkoneksi dengan database
penyedia layanan.
2 .
Metode
pembayaran (payment method) dengan cara transfer bank, tidak bisa menggunakan
credit card, e-gold, maupun paypall.
3 .
Seorang
member maupun belum menjadi member dapat melakukan proses pembelian barang.
4. Perancangan Sistem
Perancangan desain untuk e-commerce ditunjukan pada gambar
yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
a .
Header, bagian ini
adalah tampilan atas dari desain yang berisi judul untuk sistem web based
learning.
b .
Main menu, adalah
bagian yang memuat tentang judul dari content website yang tengah ditampilkan.
c .
Sidebar menu, yang
memuat tentang menu handphone dari website.
d .
Content, adalah isi
utama dari website berisi tentang produk-produk dari e-commerce.
e .
Footer, berisi tentang
tahun pembuatan sistem, pembuat dan hak cipta.
4.1 Flowchart Customer
Start customer membuka
halaman web site. Customer login. Jika belum mempunyai akun customer bisa
langsung daftar member. customer Memilih Barang yang ada dalam website. Jika
produk tidak Masuk di Keranjang Belanja, maka alur flow chart selesai.
Jika produk Masuk Keranjang Belanja,
maka transaksi berlanjut pada Update Keranjang Belanja. Jika tidak melakukan
update transaksi berlanjut pada CheckOut. Jika sampai tahap ini pengunjung melakukan Cancel Produk maka
transaksi berakhir. Jika tidak melakukan Cancel
Produk
transaksi berlanjut Edit Jumlah Produk. Setelah melakukan
perubahan jumlah pembelian, transaksi berlanjut
ke CheckOut. Tahap selanjutnya pengunjung melakukan Entry Data Konsumen yang digunakan untuk alamat
pengiriman produk. Tahap terakhir adalah E- Mail Notification kepada customer
mengenai detail belanjaan. Selesai.
Gambar 1. Alur Flowchart Customer
4.2 Flowchart Admin
Start Admin membuka
halaman admin web. Kemudian admin akanmlogin. Admin
melihat order pemesanan barang. Admin akan mengirim email
pemberitahuan total belanja. Kemudian Cek saldo. Jika tidak menerima uang alur
flowchart akan selesei. Jika sudah menerima uang maka transaksi akan berlanjut
pada ubah status pemesanan. Tahap akhir adalah mengirim pemesanan barang kepada
customer. Selesai.
Gambar 2. Alur Flowchart Admin
4.1 Rancangan
Desain Login Customer
Gambar 3. Tampilan Login User
4.2 Rancangan
Halaman Utama
Gambar 4. Desain Tampilan Halaman Utama
4.3 Rancangan
Desain Keranjang Belanja
Gambar 5. Desain Tampilan Keranjang Belanja
4.4
Rancanga Desain Selesai Belanja
Gambar 6. Desain Tampilan Selesai Belanja
4.5.
Perancangan Database Sistem Localhost
Gambar 7. Database Sistem Localhost
6. Implementasi
Implementasi
dan analisa di sini akan dijelaskan hasil analisa dan beberapa pembahasan yang berhubungan dengan e-commerce
handphone. Berdasarkan implementasi ini, pembaca diharapkan dapat memahami
hasil penelitian melalui beberapa gambar
dengan beberapa uraian yang pokok di setiap gambar.
a .
E-Commerce
E-Commerce / Electronic Commerce merupakan kegiatan bisnis
yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu
jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual - beli barang atau
jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.
·
Konsep E-Commerce
Bagi pihak
konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi
singkat. Tidak ada lagi berlamalama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari
barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui
E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko,karena jalur
distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan
dengan toko konvensional. Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan
jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi
lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya
dijual secara lengkap.
·
Mekanisme E-Commerce
Pembeli yang
hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’
untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar.
Konsep ‘shopping cart’ ini meniru kereta belanja yang biasanya digunakan orang
untuk berbelanja di pasar swalayan. ‘Shopping cart’ biasanya berupa formulir
dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang
yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa dicancel, jika pembeli
berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut.
Jika pembeli ingin membayar untuk barang
yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini
menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini
bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak penyedia jasa
e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan
secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.
b .
Deskripsi Sistem
Dengan adanya internet, kegiatan
perdagangan pun mengalami perkembangan, yaitu dengan adanya penjualan produk
secara online. Hal ini sudah merambah keberbagai bisnis didunia. Pada halaman pengunjung,
pengunjung dapat mengakses info produk yang dihasilkan, mendaftar sebagai
pelanggan dan juga dapat memperoleh informasi lainnya. Pengunjung yang sudah
terdaftar sebagai pelanggan dapat login ke halaman pelanggan dan dapat melakukan pemesanan
produk, melihat daftar transaksi dan konfirmasi pemesanan. Sedangkan pada
halaman administrator berfungsi sebagai control website dan manajemen pesanan
pada website penjualan handphone ini.
c .
Cara Menjalankan Program
Aplikasi e-commerce penjualan jam
tangan ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu administrator, pelanggan dan
pengunjung. Administrator adalah pengontrol website, admin mempunyai hak akses
penuh kedalam website ini termasuk mengubah data produk atau menghapusnya serta
mengubah menu-menu yang ada dalam website. Untuk masuk dalam menu admin ini
administrator harus mengetikkan destination folder URL address-nya, yaitu
dengan menambahkan ../adminweb/. dalam mengetikkan URL ini dilakukan secara
manual dikarenakan untuk lebih mengamankan posisi administrator dengan tidak
menampilkan secara langsung form administrator login dalam halaman website.
Pelanggan adalah pengunjung yang sudah mendaftarkan diri dalam website
e-commerce. Pelanggan dapat melakukan login dan memulai transaksi pembelian.
Sedangkan pengunjung adalah orang yang hanya melihat-lihat saja website ini
atau pengunjung yang baru mengakses
halaman website ini dan ingin mendaftar menjadi
pelanggan.Sumber:
1. Adhicipta R. Wirawan,
(2007) Membangun Web Store dengan Joomla, Elex
2.
Media Komputindo.
3.
Sunyoto. Andi, (2007)
Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript & XML, Andi
Yogyakarta.
4.
Nugroho. Adi, (2006)
e-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya, Informatika Bandung.
5.
Kadir. Abdul, (2004)
Penuntun Praktis Belajar SQL, ANDI Yogyakarta.
7.
Woychowsky. Edmond,
(2006) Creating Web Pages with Asynchronous JavaScript and XML, Prentice Hall.
9.
PHP, (2008) www.php.net
No comments:
Post a Comment