Friday, 15 January 2016

APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB

1. Tujuan
Tujuan dari proyek ini adalah membuat suatu aplikasi ecommerce yang memiliki user interaksi tinggi dengan penggunaan fitur-fitur e-commerce sesuai standart user experience. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan pengunjung dalam berbelanja dan memanfaatkan fitur yang ada.
2. Perumusan Masalah
1  .      Bagaimana membuat suatu aplikasi e-commerce yang mampu memberikan kemudahan dan kenyaman kepada para pembeli.
2  .      Bagaimana melayani para pembeli mulai memilih handphone, membandingkan antar jenis handphone, memasukkan produk ke dalam keranjang belanja, sampai pembeli melakukan checkout.
3  .      Bagaimana memberikan fitur penunjang aplikasi e-commerce guna memberikan kenyamanan terhadap pembeli. Fitur tersebut berupa compare produk, info produk, review produk, berita seputar jam tangan

3. Batasan Masalah
1  .      Sistem pemilihan jasa antar (shiping order) belum bisa terkoneksi dengan database penyedia layanan.
2   .      Metode pembayaran (payment method) dengan cara transfer bank, tidak bisa menggunakan credit card, e-gold, maupun paypall.
3   .      Seorang member maupun belum menjadi member dapat melakukan proses pembelian barang.

4. Perancangan Sistem
Perancangan desain untuk e-commerce ditunjukan pada gambar yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
a    .       Header, bagian ini adalah tampilan atas dari desain yang berisi judul untuk sistem web based learning.
b    .      Main menu, adalah bagian yang memuat tentang judul dari content website yang tengah ditampilkan.
c    .       Sidebar menu, yang memuat tentang menu handphone dari website.
d    .      Content, adalah isi utama dari website berisi tentang produk-produk dari e-commerce.
e    .       Footer, berisi tentang tahun pembuatan sistem, pembuat dan hak cipta.

4.1 Flowchart Customer
Start customer membuka halaman web site. Customer login. Jika belum mempunyai akun customer bisa langsung daftar member. customer Memilih Barang yang ada dalam website. Jika produk tidak Masuk di Keranjang Belanja, maka alur flow chart selesai. Jika  produk Masuk Keranjang Belanja, maka transaksi berlanjut pada Update Keranjang Belanja. Jika tidak melakukan update transaksi berlanjut pada CheckOut. Jika sampai tahap ini  pengunjung melakukan Cancel Produk maka transaksi berakhir. Jika tidak melakukan Cancel  Produk
transaksi berlanjut Edit Jumlah Produk. Setelah melakukan perubahan jumlah  pembelian, transaksi berlanjut ke CheckOut. Tahap selanjutnya pengunjung melakukan Entry  Data Konsumen yang digunakan untuk alamat pengiriman produk. Tahap terakhir adalah E- Mail Notification kepada customer mengenai detail belanjaan. Selesai.

 Gambar 1. Alur Flowchart Customer


4.2 Flowchart Admin
Start Admin membuka halaman admin web. Kemudian admin akanmlogin. Admin
melihat order pemesanan barang. Admin akan mengirim email pemberitahuan total belanja. Kemudian Cek saldo. Jika tidak menerima uang alur flowchart akan selesei. Jika sudah menerima uang maka transaksi akan berlanjut pada ubah status pemesanan. Tahap akhir adalah mengirim pemesanan barang kepada customer. Selesai.



Gambar 2. Alur Flowchart Admin



4.1 Rancangan Desain Login Customer
Gambar 3. Tampilan Login User



4.2 Rancangan Halaman Utama

Gambar 4. Desain Tampilan Halaman Utama
 
4.3 Rancangan Desain Keranjang Belanja

Gambar 5. Desain Tampilan Keranjang Belanja



4.4 Rancanga Desain Selesai Belanja
Gambar 6. Desain Tampilan Selesai Belanja


4.5. Perancangan Database Sistem Localhost




Gambar 7. Database Sistem Localhost



6. Implementasi
Implementasi dan analisa di sini akan dijelaskan hasil analisa dan beberapa  pembahasan yang berhubungan dengan e-commerce handphone. Berdasarkan implementasi ini, pembaca diharapkan dapat memahami hasil penelitian melalui  beberapa gambar dengan beberapa uraian yang pokok di setiap gambar.

a    .      E-Commerce
E-Commerce / Electronic Commerce merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual - beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.
·         Konsep E-Commerce
Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlamalama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko,karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional. Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap.
·         Mekanisme E-Commerce
Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan ‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih dan akan dibayar. Konsep ‘shopping cart’ ini meniru kereta belanja yang biasanya digunakan orang untuk berbelanja di pasar swalayan. ‘Shopping cart’ biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database, dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa dicancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang tersebut.
Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah, maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security tertentu.

b    .      Deskripsi Sistem
Dengan adanya internet, kegiatan perdagangan pun mengalami perkembangan, yaitu dengan adanya penjualan produk secara online. Hal ini sudah merambah keberbagai  bisnis didunia. Pada halaman pengunjung, pengunjung dapat mengakses info produk yang dihasilkan, mendaftar sebagai pelanggan dan juga dapat memperoleh informasi lainnya. Pengunjung yang sudah terdaftar sebagai pelanggan dapat login ke halaman  pelanggan dan dapat melakukan pemesanan produk, melihat daftar transaksi dan konfirmasi pemesanan. Sedangkan pada halaman administrator berfungsi sebagai control website dan manajemen pesanan pada website penjualan handphone ini.
 
c    .       Cara Menjalankan Program
Aplikasi e-commerce penjualan jam tangan ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu administrator, pelanggan dan pengunjung. Administrator adalah pengontrol website, admin mempunyai hak akses penuh kedalam website ini termasuk mengubah data produk atau menghapusnya serta mengubah menu-menu yang ada dalam website. Untuk masuk dalam menu admin ini administrator harus mengetikkan destination folder URL address-nya, yaitu dengan menambahkan ../adminweb/. dalam mengetikkan URL ini dilakukan secara manual dikarenakan untuk lebih mengamankan posisi administrator dengan tidak menampilkan secara langsung form administrator login dalam halaman website. Pelanggan adalah pengunjung yang sudah mendaftarkan diri dalam website e-commerce. Pelanggan dapat melakukan login dan memulai transaksi pembelian. Sedangkan pengunjung adalah orang yang hanya melihat-lihat saja website ini atau  pengunjung yang baru mengakses halaman website ini dan ingin mendaftar menjadi  pelanggan.

Sumber:

     1.     Adhicipta R. Wirawan, (2007) Membangun Web Store dengan Joomla, Elex
     2.      Media Komputindo.
     3.      Sunyoto. Andi, (2007) Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript & XML, Andi Yogyakarta.
     4.      Nugroho. Adi, (2006) e-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya, Informatika Bandung.
     5.      Kadir. Abdul, (2004) Penuntun Praktis Belajar SQL, ANDI Yogyakarta.
     6.      W3Schools, (2007) “Learn PHP, Learn AJAX, Learn MySQL, Learn JavaScript”, www.w3schools.com.
     7.      Woychowsky. Edmond, (2006) Creating Web Pages with Asynchronous JavaScript and XML, Prentice Hall.
     8.      IlmuKomputer, (2008) www.ilmukomputer.com
     9.      PHP, (2008) www.php.net



No comments:

Post a Comment